Pages

Rabu, 15 Oktober 2014

Tata Ulang Tata Ruang

Davy Hendri
Dosen IAIN Imam Bonjol, Padang
Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia

Menteri Pertanian, Suswono dalam diskusi dengan Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) di Bogor, Minggu (18/5) menyatakan perlunya menghentikan sementara (moratorium) alih fungsi lahan pertanian. Wacana ini mencuat sebagai alternatif kebijakan menyangkut terbatasnya luas lahan yang masih menjadi kendala dalam peningkatan produksi dan produktivitas pangan. Isu luas lahan ini terungkap dari  fenomena menyusutnya luas lahan pertanian akibat tingginya alih fungsi atau konversi areal pertanian untuk non-pertanian. 

Secara implisit hal ini menunjukkan betapa tidak imbangnya kekuatan  2 kubu utama, antara pemerintah di satu sisi dan  pasar di sisi lainnya. Intervensi pemerintah pada sisi supply berupa pencetakan sawah baru ibarat bertumbuh dalam deret hitung.  Kemampuan pemerintah mencetak sawah baru hanya mencapai 38.000 hektare per tahun.  
Sementara itu, demand pasar terhadap ketersediaan lahan guna peruntukan non-pertanian ibarat bertumbuh bagai deret ukur. Alih fungsi lahan pertanian per tahun mencapai 100.000 hektare.

Tambal sulam Kebijakan

Isu konversi lahan pertanian  merupakan “warisan” yang tidak pernah mendapati solusi permanen walaupun silih berganti rejim pemerintahan. Solusinya cenderung sporadis dan tidak komprehensif. Paling tidak, ada 2 hal yang mengindikasikan hal ini. 

Pertama, konversi lahan pertanian cenderung dipahami sebagai sebuah keniscayaan (inheren), konsekuensi logis dari urbanisasi dan perkembangan kota yang mengikuti proses transformasi perekonomian dari berbasis pertanian menuju berbasis jasa dan industri manufaktur. Kota makin mengukuhkan dirinya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi melalui proses aglomerasi  baik melalui urbanisasi ekonomi maupun lokalisasi ekonomi. Dalam konteks ini, tak terbantahkan bahwa urbanisasi memberikan efek positif bagi pertumbuhan perekonomian karena ketercapaian scale of economies sehingga barang dan jasa tersedia dengan kuantitas dan kualitas relatif lebih baik dan harga relatif lebih murah. 

Namun, dampak negatif  laju urbanisasi yang tak terkontrol, seperti  kemacetan, polusi, pemukiman kumuh (slums area) sampai kriminalitas direduksi dengen berbagai regulasi yang tanpa menyentuh akar permasalahan. Satu hal krusial yang tidak diseriusi pemerintah kota, yaitu kebijakan perumahan  (housing policy) yang mengakomodasi semua lapisan warganya.  Menyerahkan solusi masalah ini kepada mekanisme pasar,  menyebabkan kompetisi ruang yang tidak imbang. Gap yang membesar antara demand-supply menyebabkan  harga lahan di inner city semakin mahal.  

Mismanajemen Perkotaan

Pada sisi lain, residential stability yang diproksikan oleh semakin lamanya rumah tangga bermukim di suatu lingkungan, baik karena kemampuan memiliki rumah sendiri maupun bisa mengontrak rumah, pada daerah perkotaan pulau Jawa berubah secara drastis dalam beberapa waktu terakhir. Di Jawa Barat, jika pada tahun 2010, rasio rumah yang dikontrak para warganya pada daerah perkotaan mencapai 12,29 % (SP 2010, BPS) maka pada tahun 2012 hanya tinggal 5,89 % (data diolah SUSENAS 2012, BPS).  Penyusutan ini bisa berarti dua hal, beralih fungsinya rumah tadi menjadi perkantoran atau mall dengan cara sewa/beli dan bisa juga berarti bahwa rumah tadi telah beralih tangan kepada masyarakat yang lebih kaya.
Kedua, hal ini kemudian menimbulkan mismanagement perkotaan.  Kekalahan memperebutkan ruang dengan yang lebih kaya menjadikan middle class (para pekerja) perkotaan di  kota besar seperti Jakarta, memilih berpindah dari pusat kota ke daerah pinggiran (suburbanization) dari Bodetabek (Bogor, Depok,  Tangerang dan Bekasi). Celakanya, fenomena ini dianggap berkah an sich bagi pemerintah kota. Terlebih dalam era otonomi daerah, di mana peningkatan realisasi  PAD seiring laju suburbanisasi yang meningkat setiap tahunnya, ditasbihkan sebagai indikator utama keberhasilan pemerintah kota. 
Pemerintah kota kemudian merespon fenomena ini dengan kemudahan penyediaan perizinan dan dukungan penyediaan sarana prasarana bagi para pengembang tanpa pertimbangan matang terhadap daya dukung dan tata ruang kota. Daerah rural yang semula kaya akan lahan pertanian subur dan menjadi lumbung pangan mulai diduduki oleh para suburbanist tadi. Dalam konteks urbanisasi dewasa ini, melalui mekanisme inilah dominan penyebab urban sprawl dan  konversi lahan  pertanian berasal muasal.

Kebijakan Tata Ruang

Pada titik ini, pemerintah mesti menyusun ulang landscape policy nya menjadi lebih harmonis, adil dan mengayomi semua lapisan warganya. Kebijakan penataan ulang tata ruang yang bijak, paling tidak bisa mendatangkan beberapa manfaat penting. Sesuai dengan paparan di atas, hal ini mencakup reformulasi kebijakan perumahan sebagai intervensi sisi hulu dari isu konversi lahan pertanian. Bukan sekedar merehabilitasi sisi hilir melalui tawaran moratorium konversi lahan pertanian.Selain itu, reformulasi kebijakan perumahan juga dapat didesain guna meringankan tekanan biaya hidup para pekerja melalui penyediaan perumahan bagi mereka. 

Pada gilirannya, sengketa abadi antara buruh dengan pengusaha dalam penetapan UMR dapat berkurang sehingga industrialisasi dapat berjalan lebih produktif.  Pemerintah Perancis, memiliki 30 % stok perumahan pada berbagai kota sentra industri, yang disewakan dengan harga terjangkau kepada kelas pekerjanya. Varian kebijakan bertujuan sama juga diberlakukan oleh pemerintah beberapa negara industri maju lainnya. Pertemuan kepentingan dalam isu lahan antara  pemerintah dan pasar melalui kebijakan ini, diharap akan menimbulkan multiplier effect


0 komentar :

Posting Komentar