Pages

Rabu, 15 Oktober 2014

Memikat Hati Para Pemilih Muda

Davy Hendri
Dosen IAIN Imam Bonjol, Padang
Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universita Indonesia

Pesta demokrasi rakyat, pemilu legislatif 2014, tinggal beberapa hari lagi. Dalam rangkaian proses persiapan sampai hari-H pelaksanaan pileg ini tentu banyak daftar kelemahan dan kekurangan yang ditemui. Tanpa menafikan segala catatan itu, kita berharap pileg kali ini dapat berjalan baik sebagaimana mestinya. Salah satu indikatornya akan kita lihat pada tingkat keterlibatan warga dalam menggunakan hak pilihnya (turnout rate). Semakin turnout rate menunjukkan trend kenaikan secara merata pada semua lapisan warga berarti semakin membaik pileg kali ini.

Dari beragam segmen warga tadi, warga kelompok usia muda (usia 16-29 tahun) seharusnya layak menjadi pusat perhatian. Tingginya turnout rate kelompok usia muda dalam pileg tidak hanya akan menjadi success story pihak penyelenggara (KPU dan negara). Pihak yang paling berkepentingan dengan mereka adalah parpol dan caleg peserta pileg. Merebut hati para pemilih muda (dan pemilih pemula dalam rentang usia 16-20 tahun)
 paling tidak membawa dua konsekuensi penting  yaitu dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Potensi Pemilih Muda

Dalam jangka pendek, record dari pileg yang lalu (tahun 2009) sampai sekarang  2014, porsi pemilih muda menunjukkan trend membesar. Yang pertama dan mungkin paling berguna mengukur pengaruh pemilih muda  adalah  turnout rate. Dari sekitar 171,3 juta DPT pada pileg 2009, maka 12,05 juta atau sekitar 7,03 % merupakan pemilih pemula dengan rentang usia 16 -20 tahun (BPS, SUSENAS 2009). Dengan warga berusia 16-29 tahun ada sebanyak 45,6 juta maka pemilih muda mencapai 26,62 % dari total pemilih terdaftar dalam DPT. Sementara dalam pileg 2014 kali ini, dari sekitar 186,57  juta DPT maka sekitar 12 juta atau sekitar 6,5 % merupakan pemilih pemula dengan rentang usia 16 -20 tahun (BPS, SUSENAS 2012). Dengan warga berusia 16-29 tahun ada sekitar 50,05 juta maka pemilih muda mencapai 27,08  % dari total pemilih terdaftar dalam DPT.  Dengan kata lain hampir sepertiga dari DPT adalah pemilih  muda. 


Cara lain untuk menggambarkan peran  pemilih muda dalam pemilu adalah dengan menghitung berapa banyak suara diberikan oleh anggota kelompok usia ini. Namun amat disayangkan berbagai jajak pendapat dan survei amat minim memberikan perkiraan yang baik dari berapa banyak suara diberikan oleh kelompok-kelompok tertentu. Termasuk yang luput adalah seberapa besar sebaran data pemilih dari record exit poll pada pileg 2009 yang lalu.

Loyalitas Pemilih Muda

Dalam jangka panjang, mempertahankan loyalitas suara pemilih muda (terutama bagi negara berwarga muda) adalah salah satu kunci kemenangan dalam pileg, bahkan pilpres. Dalam masa jabatan keduanya tahun 2012, Barack Obama meraup 60% dibandingkan pesaingnya Mitt Romney yang cuma memperoleh 36 % suara pemilih muda usia18-29 tahunPerolehan itu memang sedikit turun dari tahun 2008ketika Obama memenangkan hampir dua pertiga (66%) suara orang-orang muda

Dukungan pemuda terhadap Obama mungkin merupakan faktor yang lebih penting dalam kemenangannya tahun 2012 dibanding tahun 2008. Dalam pertarungan menentukan di beberapa negara bagian seperti Florida, Ohio, Virginia dan Pennsylvania, Obama gagal memenangkan suara mayoritas dari kelompok pemilih berusia 30 ke atas. Namun, perolehan rerata sebesar 60% suara kelompok usia 18-29 tahun pada negara bagian berwarga muda tadi menjadi kunci kemenangan Obama. 
Secara spesifik, pemilih muda pendukung Obama terbagi hampir merata antara berpendidikan tertinggi college dan non-college sebesar 67%: 66 % dan 60 % : 60 % berturut-turut dalam pilpres 2008 dan 2012. Sementara dari sisi ras, pemilih muda dari kalangan hispanik mendukung Obama dengan suara sebesar 76 % dan 74 % secara berturut-turut. Bagi para pemilih muda Amerika, Obama  dengan berbagai programnya dinilai mampu menyediakan dan memulihkan lapangan pekerjaan bagi para pemuda kala krisis ekonomi menerpa dan mengurangi segregasi ras dalam masyarakat.

Konteks Indonesia

Dalam konteks Indonesia, bertumpu pada pemilih pemula dan muda dari kalangan urban, lebih terdidik dan mapan, agaknya tidak pas secara demografis dan sosiologis. Jika dirinci lagi, dari pemilih muda berusia 16-29 tahun hanya 8,3 juta (16,6 %) yang masih bersekolah atau sekitar 4,5 % dari DPT. Sementara itu dari sekitar 45,6 juta pemilih muda berusia 16-29 tahun, yang bekerja cuma 25 juta. 3,82 juta merupakan pengangguran terbuka dan jika ditambah setengah terbuka menjadi 16.15 juta atau 8,9 % dari DPT. 

Melanjutkan tren yang diamati  dalam pemilu masa lalupemilih muda tanpa pendidikan tinggi dan pekerjaan mapan menjadi  underrepresented dalam setiap jenis pemilu. Sebaliknya kalangan muda berpendidikan tinggi dan pekerjaan mapan  menjadi overrepresented. Merujuk kepada realitas antara dua negara berwarga muda ini, Indonesia dan Amerika, maka selayaknyalah parpol menaruh perhatian lebih terhadap para pemilih muda dengan segala keberagamannya. 
Berkaca kepada pengalaman Obama, hanya parpol dan kandidat caleg dengan program yang menyentuh dan menyediakan jawaban atas kebutuhan riil pemilih muda diprediksi akan mampu memikat hati, mendulang suara mereka dan berpotensi besar memenangkan pemilu.

0 komentar :

Posting Komentar