Pages

Rabu, 15 Oktober 2014

MEREBUT SUARA KELAS MENENGAH

Davy Hendri
Dosen IAIN Imam Bonjol, Padang
Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia

Jika tidak ada aral melintang, KPU akan melantik dua pasangan capres-cawapres; Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta, pada tanggal 31 Mei 2014 mendatang. Dengan hanya ada 2 pasang calon, pilpres akan berlansung dalam 1 putaran.  Dari satu sisi, pilpres 31 Juli nanti akan lebih efisien, paling tidak menghemat 3,9 T APBN. Di sisi lain, pertarungan sudden death ini seharusnya berbuah strategi terbaik dari timses (tim sukses) pasangan capres-cawapres dalam menggaet suara pemilih. Maka tidak berlebihan kiranya, masyarakat berharap disuguhi beragam strategi kampanye menarik, elegan dan bermartabat bahkan mungkin saja out-of-the box di hari-hari ke depan. 

Tanpa bermaksud mengabaikan kelas masyarakat lainnya, tapi berbicara pemenangan suara rakyat, timses kedua pasang capres-cawapres harus memberi perhatian khusus kepada kelas menengah. Selain potensi sosial-ekonominya, potensi demografi kelas ini juga luar biasa. Boston Consulting Group (BCG) menyatakan pada 2014 kelas menengah Indonesia berjumlah 74 juta. Sementara itu, Pemerintah dengan merujuk kepada defenisi ADB menyatakan kelas menengah di Indonesia pada 2013 sebanyak 56,7 persen dari total penduduk. 

Conformity Cost
Upaya ini tentu saja membutuhkan biaya. Transaction cost berupa waktu, effort dan sumber daya yang dibutuhkan lumayan berat dan mahal. Ribet sekali merebut hati dan menyatukan suara (collective decisions) dari masyarakat kelas menengah yang terserak dalam berbagai kelompok geografi, profesi, umur dan sebagainya.
  Pada tahap ini, visi misi pasangan capres-cawapres akan berisi serangkaian program dan kebijakan yang dijanjikan kepada beragam individu dan kelompok yang terafiliasi ke dalam kelas menengah, agar mereka bersedia berkompromi memenangkan salah satu pasang calon. Yang lebih mahal justru adalah conformity cost. Pada tahap ini, visi misi tadi juga harus memberikan gambaran besar alokasi dan asal sumber daya serta mekanisme untuk mewujudkan visi misi beragam kepentingan itu selama rentang masa kepemerintahannya kelak.

Sejatinya, politik memiliki esensi transaksi, jual-beli. Ekonom neo-klasik memandang pilihan politik individu yang rasional ditentukan oleh upaya mengedepankan kepentingan diri dan kelompoknya dengan jalan berkompetisi dengan kompetitor dan bernegoisiasi dengan aktor (tokoh) politik  calon pilihan (Becker, 1983). Suka atau tidak, sadar atau tidak,  setiap individu, termasuk saya dan anda, baik dalam posisi sebagai pemilih maupun yang  akan dipilih, terafiliasi dalam minimal satu kelompok. Bisa saja kita terafiliasi ke dalam suatu kelompok berdasarkan geografi, umur, pekerjaan, pendapatan, partai dan sebagainya. Bisa jadi sebagian individu tidak melulu mengaitkan kepentingannya dengan kesejahteraan fisik (uang). Bisa jadi juga, kepentingannya tidak mesti diperoleh saat itu tapi di masa depan yang tak jauh. 
Tapi yang pasti kita mempunyai tujuan yang sama, yaitu mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompok.  Sebagai pemilih, maka saya berjuang mengedepankan kepentingan saya dan kelompok terhadap calon pilihan tokoh politik tertentu  melalui pengaruh saya dan kelompok. Sebaliknya, jika saya adalah tokoh politik yang akan dipilih maka saya mengedepankan kepentingan saya dan kelompok terhadap pemilih melalui pengaruh saya dalam janji kampanye dan progam kebijakan nantinya jika terpilih. Equilibrium akan tercapai, berupa terpilihnya presiden, kepala daerah dan disahkannya sebuah UU serta Perda, tergantung kepada daya tawar politik (political power)  antara berbagai pihak (saya, kompetitor dan tokoh politik pihak ke tiga). 

Ambigu Kelas Menengah 

Mari kita jadikan sederhana. Dalam literatur ekonomi politik (political economics) mainstream, kompetisi dalam politik aktual pada negara demokrasi selalu terjadi antar 3 kelompok masyarakat berdasarkan status sosial ekonomi ; miskin, menengah dan kaya. Namun dari 3 kelompok itu, perilaku politik kelompok atau kelas menengah menjadi prioritas analisis. Kenapa? Karena diasumsikan kelas kaya yang mapan akan selalu berjuang mempertahankan kemapanannya (status quo). Tidak pernah dalam sejarahnya kelas kaya bersedia melepaskan sebagian kemapanannya secara sukarela. Sebaliknya, bagi kelas miskin. Mereka akan selalu berjuang memperbaiki nasibnya, salah satunya melalui jalur politik. Pertentangan antar ke dua kelas ini alamiah dan abadi.

Justru, kelas menengahlah yang bersikap politik ambigu (hipokrit).  Berbeda dengan kelas miskin, kelas menengah lebih memiliki harapan, pengaruh sekaligus peluang lebih besar untuk naik kelas. Oleh karenanya, pertimbangan mobilitas sosial berperan penting menentukan pilihan politik mereka saat ini. Kalkukasi benefit-cost akan dampak dari dinamika sosial, ekonomi dan politik terkini  terhadap posisi mereka di masa depan adalah harga mati. Bagi mereka berlaku adagium who get what.  
Mereka akan mendukung sebuah rejim pemerintahan, otoriter sekalipun jika kebijakan ekonomi rejim berpihak kepada mereka. Namun jika proses politik dalam rejim berbuah misi menaikkan subsidi untuk kelas miskin dengan mengenakan pajak cukup tinggi kepada mereka, maka mereka bisa jadi menuntut perluasan pembagian peran via demokratisasi dengan tujuan untuk mencari kompensasi atau malah membatalkan kebijakan itu nantinya. Jadi jangan heran, dalam beberapa kasus di berbagai negara, kelas menengah berkolusi dengan kelas kaya mendukung rejim otoriter (misal Singapura, China dan beberapa negara sosialis) dan bisa jadi kelas menengah berkolaborasi dengan kelas miskin (bahkan turun berdemo seperti Arab Spring)  menuntut demokratisasi lebih luas.

Visi Misi Capres

Setidaknya, baik bagi pasangan calon maupun kelas menengah, kelayakan (rasional, common-sense)  dari conformity cost bisa menjadi indikator kelayakan pasangan capres-cawapres tadi untuk dipilih. Kelas menengah wajib mempertanyakan janji program yang ditawarkan kedua pasangan capres-cawapres kepada mereka. Boleh saja, visi misi pasangan capres-cawapres setebal 12, 42 halaman atau 100 halaman sekalipun. Tapi tentu tidak hanya sebatas itu. Mekanisme pembiayaan serta eksekusi juga harus dikuliti.  

Visi misi itu minimal juga harus memberikan  konfirmasi ; berapa dan dari mana sumber daya  serta bagaimana cara  mewujudkan visi misi itu dalam rentang masa kepemerintahannya kelak. Di sinilah tempatnya logika, kompleksitas berfikir, penguasaan  ilmu dan pengalaman pasangan capres-cawapres diuji. Sedikit aja timses meleng, bisa jadi visi misi pasangan capres-cawapres akan menjadi bahan tertawaan. Kelas menengah tidak abai akan hal ini. Mereka tentu tidak ingin kebijakan salah satu pasang capres-cawapres dibiayai dengan penurunan kesejahteraan mereka sebagai kelas menengah saat ini atau hilangnya kesempatan mereka untuk naik kelas di masa datang. 

0 komentar :

Posting Komentar